5 Jajanan Tradisional Jawa Timur yang Dibungkus Daun Pisang

1. Nagasari


Kue nagasari terbuat dari tepung beras dengan isian buah pisang. Ketika menikmati jajanan ini, kamu akan mencium aroma yang sangat harum.

Aroma ini didapatkan dari daun pandan dan bungkusan yang menggunakan daun pisang. Rasanya cenderung legit dengan tekstur yang lembut.

2. Iwel-iwel
Iwel-iwel dibentuk menyerupai piramida yang memiliki lima sisi. Jajanan yang dibungkus daun pisang ini terbuat dari tepung beras ketan dan kelapa parut dengan isian gula merah. Jajanan ini dimasak dengan cara dikukus.

Biasanya masyarakat menyajikan jajanan ini saat acara-acara tertentu seperti kelahiran bayi. Seperti arti iwel-iwel yakni kewiwel atau menggemaskan. Selain kelahiran bayi, iwel-iwel biasanya juga disuguhkan untuk kenduri maupun selamatan.


3. Gethuk Pisang

Getuk gedang atau getuk pisang merupakan jajanan khas Kota Kediri yang memiliki rasa manis, sedikit asam, dan aroma khas yang menggugah selera. Getuk gedang disajikan dalam bungkusan daun pisang serupa lontong tapi kecil-kecil/ Foto: Tangkapan Layar
Selanjutnya yakni kuliner asal Kediri, Gethuk Pisang. Gethuk pisang sendiri dibuat dari pisang dengan jenis pisang raja nangka.

Pisang tersebut dikukus selama 10 jam dan kemudian ditumbuk halus dan ditambahkan pemanis gula. Adonan yang sudah jadi kemudian diaduk dan diletakkan dengan beralas daun pisang yang kemudian digulung dan diberi kedua lidi di kedua ujung bungkusan.

Gethuk pisang ini memiliki cita rasa yang manis dan asam yang berasal dari pisang itu sendiri. Ditambah dengan aroma dari daun pisang sebagai pembungkusnya.

4. Lemet Singkong

Lemet Singkong Foto: iStock
Lemet singkong dibuat dari parutan singkong dengan tambahan gula merah. Jajanan ini juga diberi parutan kelapa.

Jajanan ini dibungkus menggunakan daun pisang. Rasanya manis dengan tekstur lembut dan kenyal dari singkong.


5. Mendut

Ilustrasi mendut Foto: iStock
Kue mendut terbuat dari tepung ketan dengan campuran santan dan sedikit garam. Kue mendut kerap disebut sebagai kue putri mandi.

Jajanan tradisional ini biasanya dibungkus daun pisang berbentuk segitiga. Cita rasanya manis dan gurih dengan tekstur kenyal.

Itulah lima jajanan tradisional Jawa Timur yang dibungkus menggunakan daun pisang. Kamu sudah coba yang mana nih, Rek?


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *