5 Minyak Goreng Indonesia yang Tak Masuk Daftar Pro Israel

Bloomberg Technoz, Jakarta – Selain susu, kopi dan makanan lainnya, beberapa merek minyak goreng pun masuk daftar brand yang diboikot karena diduga mendukung Israel. 

Beberapa merek minyak goreng buatan Indonesia berikut mungkin bisa menjadi alternatif pengganti. 

Dari penulurusan Bloomberg Technoz, Senin (20/11/2023),ada beberapa merek minyak buatan produsen Indonesia. Pertama ada minyak goreng merek Filma. 

Filma merupakan produk yang diproduksi PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (PT SMART Tbk). Dilihat dari laman smart-tbk.com, sudah lebih dari 25 tahun produk Filma beredar di Indonesia dan pasar internasional untuk memenuhi kebutuhan jutaan keluarga akan minyak goreng dan bernutrisi.

Lalu ada Bimoli yang merupakan merek dagang minyak goreng Indonesia yang diproduksi oleh PT Salim Ivomas Pratama Tbk yang dimiliki oleh grup PT Indofood Sukses Makmur Tbk dan PT Indofood Agri Resources Ltd. Diluncurkan pertama kali tahun 1968.

Selain Bimoli, PT Indofood juga mengeluarkan minyak sehat yang terbuat dari biji keledai yang bernama Happy Soya yang bisa menjadi alternatif untuk digunakan di dapur kesayangan anda.

Bisa juga menggunakan Tropical yang merupakan minyak yang diproduksi oleh PT Bina Karya Prima. Tropical sudah mengantongi sertifikat izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dengan nomor registrasi MD 208109102355. Merek ini juga telah mendapat label halal MUI dengan nomor sertifikat LPPOM 00080022300902.

Terakhir ada minyak Sania. Minyak ini diproduksi Wilmar Group. Di Gresik, Wilmar Nabati Indonesia telah mengolah sawit mentah (CPO dan CPKO) menjadi aneka produk hilir seperti oleofood, oleokimia, biofuel, biolefin, hingga bioavtur yang merupakan bahan bakar mesin jet terbarukan.

Sebelumnya diberitakan, beberapa produk lokal yang bisa menjadi alternatif pengganti Starbucks, KFC dan air mineral juga ramai dibicarakan.

Seperti di kategori air mineral, merek Crystalline, Prim-A dan Club bisa menjadi alternatif. Untuk makanan cepat saji ada Sabana, CFC hingga merek-mereka ayam goreng pinggir jalan serta Richeese Factory. 

Pengganti kopi, bisa dicoba dengan meminum Kopi Tuku, Fore, Kopi Kenangan, Point Coffee, dan Excelso. Kosmetik bisa menggunakan Wardah, Viva, Sari Ayu, Emina, dan Skin Game.

Kalau ingin memakan roti bisa mencoba Roti’O, J.Co dan Mako (dulu namanya Bread Talk). Untuk susu bisa beralih ke Vidoran Xmart, Frisian Flag, dan Morinaga ChilMil.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *