7 Kegiatan Mahasiswa di Kampus Selain Kuliah

Selain kuliahmahasiswa bisa ikut berbagai kegiatan untuk mengembangkan keterampilannya. Jadi, mahasiswa jangan hanya sekedar kuliah di kampus saja.

Tetapi harus diisi dengan kegiatan positif agar berguna di masa akan datang. Maka, diperlukan manajemen waktu bagi mahasiswa.

Ini karena mahasiswa memiliki banyak waktu yang fleksibel di kampus. Oleh sebab itu, mengikuti sebuah aktivitas, baik di luar maupun di dalam kampus, adalah cara untuk mengisi waktu luang tersebut.

1. Ikut organisasi kampus

Tentu, mengikuti organisasi kampus sangat penting guna menambah jiwa leadership. Organisasi juga melatih skill berkomunikasi dan berinteraksi dengan yang lain. Selain itu, manfaat lain dengan ikut organisasi di kampus ialah punya jaringan. Mahasiswa jadi kenal dengan banyak orang.

2. Ikut kegiatan kepanitiaan kampus

Selain ikut organisasi, mahasiswa juga bisa mengikuti kegiatan kepanitiaan sebuah kegiatan. Kegiatan kepanitiaan ini akan melatih tanggung jawab dalam sebuah pekerjaan. 3. Ikut program pertukaran pelajar Pertukaran pelajar saat ini sudah menjadi salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan oleh banyak perguruan tinggi. Kegiatan pertukaran pelajar ini biasanya diadakan setiap tahunnya, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

3. Ikut program pertukaran pelajar

Pertukaran pelajar saat ini sudah menjadi salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan oleh banyak perguruan tinggi. Kegiatan pertukaran pelajar ini biasanya diadakan setiap tahunnya, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

4. Ikut program sukarelawan di kampus atau lingkungan

Adapun kegiatan mahasiswa di kampus berikutnya ialah menjadi sukarelawan. Ini ada banyak manfaatnya. Salah satunya adalah melatih jiwa sosial kita agar lebih peka dengan kondisi sekitar. Menjadi sukarelawan juga akan melatih rasa tanggung jawab mahasiswa dalam menjalani sebuah pekerjaan.

5. Ikut kegiatan magang mahasiswa

Tak hanya itu saja, program magang menjadi sangat penting bagi mahasiswa. Pada program ini, mahasiswa bisa melatih skill sebelum terjun di dunia kerja. Di sini mahasiswa bisa memahami dunia pekerjaan dengan lebih baik.

6. Ikut kegiatan kompetisi

Sedang salah satu kegiatan untuk mengisi kekosongan waktu kuliah ialah dengan mengikuti lomba atau kompetisi. Seperti karya tulis, debat, game, atau kompetisi yang lain. Tentu akan jadi bermanfaat jika kita bisa menjadi pemenang, selain menguntungkan kita pribadi juga akan mengangkat nama kampus.

7. Mengikuti proyek dosen

Ketika masuk di sebuah perguruan tinggi, pasti tidak asing sama yang namanya proyek dosen. Nah, proyek dosen ini sangat cocok untuk diikuti. Makasiswa akan bertemu dengan orang baru dan perspektif baru di luar dunia perkuliahan atau bahkan dengan masyarakat luas.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *