9 Benda yang Tidak Boleh Disimpan di Atas Kulkas Menurut Ahli

Penting untuk diingat bahwa kulkas bukan hanya sekadar tempat penyimpanan makanan saja Bunda, namun juga termasuk perangkat elektronik yang memerlukan perawatan khusus untuk menjaga kualitasnya.

Sebagai salah satu langkah penting untuk menjaga kinerja optimal dari kulkas adalah memastikan bahwa tidak ada benda-benda yang seharusnya tidak boleh berada di atas kulkas. Nah, tentunya Bunda ingin tahu benda apa saja yang tidak boleh berada di atas kulkas, bukan? 

Sebagai langkah awal, Bunda perlu menyadari bahwa ada beberapa benda yang sebaiknya tidak diletakkan di atas kulkas. Misalnya, peralatan listrik seperti microwave atau panci listrik yang dapat menghasilkan panas berlebih, sehingga mampu merusak komponen internal kulkas.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk menjauhkan benda-benda berdaya tinggi atau berpotensi memancarkan panas ini di atas kulkas, Bunda. 

Tak hanya itu, memberikan hiasan pada bagian atas kulkas memang menjadi pilihan menarik guna menambah sentuhan dekoratif di dapur. Namun sayangnya, hal tersebut ternyata tidak cocok untuk di tempatkan di atas kulkas, lho.

Benda-benda hiasan yang mudah pecah ataupun rentan terhadap suhu tinggi sebaiknya dihindari, hal ini karena dapat menimbulkan risiko kerusakan pada kulkas. 

Untuk menjaga daya tahan kulkas, Bunda juga bisa menghindari penggunaan alas di atas kulkas yang tidak dapat menyerap kelembapan. Dengan menghindari benda-benda yang dapat menghasilkan panas berlebih, memilih dengan bijak hiasan dekoratif, dan menggunakan alas yang sesuai, maka Bunda telah menjadi kulkas untuk tetap berfungsi dengan baik dan tahan lama. 

Lantas, apa saja benda-benda yang memang tidak boleh diletakkan pada bagian atas kulkas? benda apa saja yang dapat merusak kulkas? Berikut ini beberapa penjelasan terkait benda-benda tersebut dilansir dari laman Homes and Gardens dan berbagai sumber. Simak penjelasannya yuk, Bunda. 

Daftar benda yang tidak boleh disimpan di atas kulkas menurut ahli

1. Tanaman 

Berdasarkan penjelasan dari Ralph Abundo di Canberra Bond Cleaning, menyatakan bahwa bagian atas kulkas bukanlah tempat yang baik untuk menyimpan tanaman. Hal ini karena panas yang dikeluarkan oleh kulkas dapat merusak tanaman.

Selain itu, menyimpan tanaman di atas kulkas juga cukup berisiko menyebabkan kekacauan seperti, pot tanaman yang terjatuh dan pecah. 

2. Wine 

Menurut pernyataan dari Emma Parker, suhu di atas kulkas cenderung berfluktuasi, tentunya hal ini sangat tidak ideal sebagai tempat penyimpanan wine ataupun minuman keras lainnya.

Selain itu, wine juga sangat sensitif terhadap suhu, ditambah lagi getaran yang terjadi pada kulkas dapat mempengaruhi endapan di dalam wine, sehingga akan mengubah rasanya, Bunda. 

3. Peralatan listrik 

Emma Parker menyatakan pendapatnya bahwa barang elektronik seperti radio ataupun peralatan kecil lainnya tidak boleh berada di atas kulkas, Bunda. Hal tersebut karena panas yang dipancarkan dari kumparan kulkas dapat mempengaruhi kinerja dan masa pakainya.

Tak hanya itu, Ralph Abundo juga memberikan peringatan bahwa bagian atas kulkas dapat menimbulkan bahaya kebakaran. 

4. Barang yang mudah terbakar 

Stellar Jackson, insinyur listrik di Portable Power Guides menyatakan untuk menjauhkan benda-benda yang mudah terbakar seperti, tisu ataupun serbet, di bagian atas kulkas.

Hal ini karena benda-benda tersebut dapat terpapar panas dari mesin kulkas, sehingga mampu meningkatkan risiko kebakaran, Bunda. Alangkah baiknya, Bunda bisa menyimpan benda-benda tersebut pada rak atau lemari. 

5. Benda yang mudah meleleh 

Berdasarkan pendapat Rosie Elliott, panas dari kompresor kulkas dapat melelehkan benda-benda yang ada di atasnya, sehingga menimbulkan risiko yang cukup besar, Bunda. Misalnya, benda-benda plastik seperti wadah penyimpanan makanan yang dapat berubah bentuk melengkung ataupun meleleh seluruhnya. 

6. Barang berat 

Ralph Abundo du Canberra Bond Cleaning menyatakan bahwa bagian atas kulkas tidak dirancang untuk dapat menopang benda-benda berat, menyimpannya di atas kulkas hanya akan menyebabkan benda tersebut jatuh dan membahayakan.

Selain itu, benda-benda berat juga dapat membebani kulkas, sehingga berpotensi merusak kulkas dalam jangka waktu yang lebih singkat. Tak hanya itu, Bunda juga harus menghindari menyimpan benda-benda berat yang dapat menghalangi bukaan pintu kulkas, hal ini karena dapat mempengaruhi efisiensi pendingin kulkas, dan berpotensi menyebabkan kegagalan fungsinya, lho Bunda. 

7. Obat-obatan

Spesialis kebersihan di VMAP, Janille Mangat memperingatkan bahwa obat-obatan harus disimpan di tempat yang sejuk dan kering, hindari obat-obatan dari kelembapan maupun fluktuasi suhu yang terjadi pada kulkas, Bunda. Adapun menyimpan obat-obatan di atas kulkas hanya dapat mengganggu keefektifannya saja. 

8. Food items 

Pendiri Inspire Clean, Nathaly Vieira menyarankan bahwa tidak boleh menyimpan makanan yang mudah rusak di atas kulkas, hal ini karena bagian luar kulkas dapat berfluktuasi dan berpotensi menyebabkan makanan lebih cepat rusak.

Adapun salah satu pendiri The Trout Fish, Emma Parker juga menyatakan pendapatnya bahwa menyimpan makanan seperti, roti, kue kering dan sejenisnya di atas kulkas dapat membuat makanan tersebut terpapar panad dan lembab, sehingga menyebabkan makanan tersebut lebih cepat basi dan berjamur, Bunda. 

9. Larangan dari aturan Feng Shui

Seorang pakar Feng Shui, Suzanne Roynon menyatakan bahwa menyimpan benda-benda di atas kulkas atau di atas ketinggian kepala, secara simbolis menggambarkan sebuah tekanan pada orang-orang yang berada di dapur. Hal ini berpotensi memicu stres, iritasi, bahkan gejala fisik seperti, sakit punggung dan leher.  

Bunda, itulah beberapa penjelasan terkait beberapa benda yang tidak boleh diletakkan di atas kulkas. Semoga setelah ini Bunda bisa menjaga kulkas kesayangan Bunda agar tetap berfungsi dengan baik dan tahan lama, ya. 


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *