ALGORITMA PEMBENTUKAN GARIS (Algoritma Digital Differential Analyzer Dan Algoritma Bresenham
ABSTRAK Pembelajaran Grafika Komputer materi algoritma pembentukan garis bagi sebagian mahasiswa dirasa sulit untuk dipahami terutama dalam menyelesaikan permasalahan. Kegiatan belajar dikelas dengan lisan, tulisan dan slide power point menjadi penyebab pembelajaran sulit dipahami. Dengan adanya media aplikasi java diharapkan mahasiswa dapat terbantu dalam kegiatan belajarnya terutama dalam mata kuliah algoritma pembentukan garis. Metode penelitian ini dilakukan dengan mengambil contoh soal-soal algoritma DDA dan Bresenham dari beberapa sumber kemudian diaplikasikanya ke pemrograman java. Hasil penelitian ini berdasarkan hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa program aplikasi ini dapat digunakan sebagai alat bantu pembelajaran algoritma pembentukan garis. KATA KUNCI : Algoritma pembentukan garis, java I. PENDAHULUAN Algoritma merupakan suatu bidang ilmu yang sangat penting untuk dipahami oleh seorang programer, dalam algoritma pembentukan suatu garis dikenal dengan 2 metode yaitu algoritma pembentukan garis Digital Differential Analyzer (DDA) dan juga Brasanham. Garis merupakan kumpulan dari titik-titik, untuk membentuk garis lurus adalah dengan mengetahui titik awal dan titik akhir maka kita dapat membentuk garis. Perkembangan kemampuan komputasi prosesor yang pesat telah membuat komputer desktop mempunyai kemampuan komputasi yang besar. Hal ini mendorong perkembangan program aplikasi yang memerlukan komputasi yang besar seperti program aplikasi yang menggunakan grafik 3 dimensi. Peningkatan kemampuan komputasi prosesor untuk aplikasi grafik yang sarat efisiensi algoritma, sehingga pembuatan grafik garis dan kurva yang merupakan dasar pembuatan grafik dapat memberikan hasil
ABSTRAK Garis merupakan kumpulan dari titik-titik, untuk membentuk garis lurus adalah dengan mengetahui titik awal dan titik akhir. Dengan mengetahui titik awal dan titik akhir maka kita dapat membentuk garis. Untuk menggambarkan proses pembuatan garis dari titik awal ke titik akhir ada berbagai algoritma. Algoritma yang umum adalah DDA dan Bresenham. Perkembangan kemampuan komputasi prosesor yang pesat telah membuat komputer desktop mempunyai kemampuan komputasi yang besar. Hal ini mendorong perkembangan program aplikasi yang memerlukan komputasi yang besar seperti program aplikasi yang menggunakan grafik 3 dimensi. Peningkatan kemampuan komputasi prosesor untuk aplikasi grafik yang sarat komputasi, perlu dibarengi peningkatan efisiensi
Leave a Reply