Apa Itu Gaya Hidup Berkelanjutan? Begini Cara Melakukannya

Baca artikel detikedu, “Apa Itu Gaya Hidup Berkelanjutan? Begini Cara Melakukannya” selengkapnya https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-7038968/apa-itu-gaya-hidup-berkelanjutan-begini-cara-melakukannya.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Gaya hidup berkelanjutan ini bisa tercermin pada produk, perilaku, dan aktivitas untuk memenuhi kebutuhan tanpa mengubah atau mengurangi sumber daya bagi masa depan, sebagaimana dilansir dari situs MAN 1 Langkat.

Singkatnya, gaya hidup berkelanjutan selalu mementingkan hal-hal yang ramah lingkungan. Namun ini, gaya hidup berkelanjutan telah menjadi sebuah tantangan global yang memengaruhi semua orang di seluruh dunia.

Dikutip dari buku “LKPD: Gaya Hidup Berkelanjutan” oleh Eni Mufidah, sebenarnya gaya hidup berkelanjutan dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Hal yang terpenting, gaya hidup itu bisa turut melakukan pengurangan penggunaan SDA, emisi CO2, limbah, dan polusi sekaligus mendukung pembangunan sosial ekonomi, sebagaimana dilansir dari situs United Nation Environment Programme.

Tujuan Gaya Hidup Berkelanjutan
Dikutip dari Carbon Collective, gaya hidup berkelanjutan memiliki tujuan untuk mencapai keadaan yang seimbang antara lingkungan dengan manusia yang menggunakannya.

Melalui gaya hidup berkelanjutan maka akan dapat menghasilkan energi terbarukan dan pengurangan limbah.

Gaya hidup berkelanjutan ini terdiri dari tiga pilar, yaitu lingkungan, sosial, dan ekonomi. Sehingga ketiga prinsip tersebut yang menjadi dasar melakukan gaya hidup yang berkelanjutan.

Cara Melakukan Gaya Hidup Berkelanjutan
Untuk ikut serta dalam berperan gaya hidup berkelanjutan tersebut, terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan dalam hidup sehari-hari. Apabila kalian ingin bergaya hidup berkelanjutan tersebut, kalian bisa ikuti beberapa tips cara melakukannya berikut ini.

1. Menggunakan Produk Daur Ulang
Sebagai masyarakat, kita bisa menggunakan produk yang bisa didaur ulang. Selama ini permasalahan yang muncul adalah banyaknya sampah plastik yang tidak bisa didaur ulang.

Oleh karena itu bisa dilakukan pengurangan penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari untuk mencegah pencemaran lingkungan.

2. Mengurangi Limbah
Pengurangan limbah juga bisa dilakukan dengan menghindari pemakaian plastik sekali pakai, membatasi penggunaan sabun deterjen, melakukan daur ulang pada sampah atau barang bekas, mengolah sampah organik menjadi kompos, menghemat penggunaan energi, dan menanam berbagai jenis tanaman.

3. Naik Transportasi Umum
Dengan memilih naik transportasi umum, maka akan dapat mengurangi pencemaran atau polusi udara. Sehingga bisa mendorong peningkatan kualitas udara di lingkungan. Tak hanya itu, kita juga bisa memilih berjalan kaki atau bersepeda untuk menempuh jarak tertentu.

4. Konsumsi Lebih Sedikit Produk
Seringkali kita suka membeli atau mengkonsumsi produk secara berlebihan yang tidak sesuai kebutuhan. Untuk itu kita bisa menguranginya dan hanya membeli produk sesuai kebutuhan sebagai bentuk hidup berkelanjutan.

5. Mengontrol Penggunaan Energi
Penggunaan energi yang sering dilakukan adalah seperti menggunakan pendingin ruangan atau AC. Menggunakan AC secara berlebihan dan sepanjang hari dapat mempengaruhi kondisi lingkungan sekaligus menyebabkan keborosan. Oleh karena itu perlu dikontrol dalam penggunaannya sesuai kebutuhan saja.

6. Teknologi Ramah Lingkungan
Teknologi ramah lingkungan kini sudah banyak dijumpai dengan mudah di mana saja. Penggunaan teknologi tersebut dapat dilakukan sebagai alternatif mengurangi masalah lingkungan.

Contoh teknologi ramah lingkungan adalah sepeda ramah lingkungan, alat-alat rumah tangga minim energi buangan, dan sebagainya.

Nah, itulah penjelasan mengenai apa itu gaya hidup berkelanjutan disertai tujuan dan cara melakukannya. Yuk mulai adaptasi hidup ke arah yang lebih ramah lingkungan, detikers!

Baca artikel detikedu, “Apa Itu Gaya Hidup Berkelanjutan? Begini Cara Melakukannya” selengkapnya https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-7038968/apa-itu-gaya-hidup-berkelanjutan-begini-cara-melakukannya.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *