Bikin Glowing dan Kinclong, Inilah 6 Manfaat Ubi Jalar untuk Kulit dan Rambut

Tak cuma bikin kenyang, nyatanya ubi jalar juga bisa bikin kulit jadi glowing dan rambut tumbuh lebat, lho!

Ubi jalar, salah satu jenis karbohidrat favorit orang Indonesia selain nasi. Berdasarkan penelitian, jenis umbi-umbian yang satu ini dikatakan tumbuh di Amerika sejak 35 juta tahun yang lalu.

Ubi sendiri memiliki ratusan varietas yang di seluruh dunia, mulai dari yang warnanya krem, putih, kuning, ungu, kemerahan, hingga ungu tua. Salah satu jenisnya adalah ubi jalar.

Melindungi kulit dari sinar UV

Matahari memancarkan sinar UV yang berbahaya bagi kulit, terutama pada siang hari. Sinar UV ini lama kelamaan dapat menyebabkan kanker kulit jika kita tak menggunakan protector yang baik, seperti lotion atau makan makanan bergizi.

Dengan mengonsumsi rutin ubi jalar, Anda bisa mengurangi risiko kanker kulit, terutama jika Anda sering terkenal matahari langsung. Ubi jalar merupakan sumber folat yang dapat membantu melindungi kulit dari sengatan matahari.

Memproduksi kolagen

Tak ada yang menyangka, mengonsumsi ubi jalar bisa berakibat baik untuk kesehatan, terutama bagi Anda yang menginjak usia 30 ke atas.

Pasalnya, ubi jalar kaya akan vitamin C & Antioksidan yang dapat memproduksi kolagen. Nah kolagen inilah yang membuat wajahmu terlihat awet muda.

Mengurangi minyak pada wajah

Manfaat ubi jalar tak cuma bisa dirasakan saat mengonsumsinya saja, tapi juga saat mengoleskannya pada wajah.

Untuk Anda yang punya kulit super berminyak, ubi jalar bisa dipakai untuk mengurangi minyak pada wajah.

Melansir Prinsli, caranya dengan rebus ubi jalar hingga matang, kemudian dinginkan. Bagian dagingnya dapat dihancurkan dan diberi sedikit madu. Aduk-aduk dan ratakan ke atas wajah. Diamkan sebentara lalu bilas wajah menggunakan sabun.

Mengurangi kantung mata

Tak cuma dikonsumsi, ubi jalar juga dapat dimanfaatkan secara langsung! Khasiatnya bisa untuk mengurangi pembengkakan pada kantung mata.

Melansir dari Zoom tv entertainment, caranya dengan mengupas ubi jalar dan menggosokkannya ke bawah mata. Hal ini dapat membuat kantung mata kempes karena ubi jalar mengandung banyak nutrisi baik.

Meremajakan kulit

Manfaat ubi jalar lainnya adalah dapat meremajakan kulit. Ubi jalar ini merupakan sumber beta-karoten yang sama baiknya dengan wortel & kunyit.

Beta karoten sendiri mampu meningkatkan produksi sel-sel baru dalam kulit. Membuat kulit jadi halus dan sangat lembut.

Adanya kandungan antioksidan, Anthocyanin juga membuat ubi jalar jadi agen anti penuaan yang baik.

Bikin rambut lebat

Tak hanya untuk kulit, ternyata ubi jalar juga punya segudang manfaat yang baik untuk pertumbuhan rambut.

Karena ubi jalar kaya akan vitamin B, C, potassium, dan zinc, maka ubi jalar dapat membuat rambut tumbuh lebat. Akar rambut pun jadi super kuat dan tak mudah rontok.

Setelah melihat banyaknya manfaat ubi jalar untuk rambut dan kulit, masih ragu mengonsumsi ubi jalar untuk makanan sehari-hari?


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *