Cara Menjadi Produktif

  1. Buatlah rencana aktivitas harian. Tulislah semua pekerjaan dan aktivitas harian/mingguan yang ingin dilakukan atau buatlah lis berisi tugas yang harus diselesaikan. Lis tugas membantu Anda meningkatkan produktivitas kerja, tetapi lis bermanfaat jika digunakan dengan baik.
  2. Buatlah jadwal kerja. Tentukan tugas yang mampu Anda kerjakan lalu urutkan sesuai prioritasnya. Kemudian, buatlah jadwal dengan mengalokasikan waktu untuk menuntaskan setiap tugas, melakukan aktivitas, makan siang, dan beristirahat.
  3. Tentukan prioritas dan jangan mendahulukan tugas yang Anda sukai. Adakalanya, pekerjaan menumpuk sehingga Anda tidak bekerja sesuai jadwal. Oleh sebab itu, tentukan tugas yang harus diprioritaskan lalu selesaikan terlebih dahulu. Mungkin Anda ingin menyelesaikan semua tugas dan memandikan anjing peliharaan, tetapi salah satu harus ditunda. Jangan mengerjakan beberapa tugas secara bersamaan agar Anda tidak merasa terbebani. Cara efektif meningkatkan produktivitas kerja adalah menyelesaikan tugas satu per satu.
  4. Tentukan target kerja. Apa pun tugas harian yang ingin dilakukan, misalnya membenahi rumah, belajar, atau bekerja di kantor, tentukan tujuan yang realistis, tetapi cukup menantang. Contohnya, tentukan target ingin menulis sekian kata, membaca sekian halaman, atau menyelesaikan laporan. Jangan menyerah sebelum target tercapai. Alih-alih merasa terbebani, bersikaplah positif dengan menggunakan target sebagai sumber motivasi. Anda mampu mencapai target jika tetap fokus saat bekerja.

Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *