Cara Mewariskan Akun Facebook Jika Kamu Telah Meninggal

Walaupun sekarang sudah banyak sekali media sosial yang menyaingi Facebook seperti Path, Twitter, Instagram dan masih banyak lagi yang juga dipakai oleh banyak orang didunia tapi tetap saja Facebook yang di besut oleh Mark Zuckerberg itu tetap menjadi raja media sosial di dunia. Bahkan rata-rata orang memiliki lebih dari 1 media sosial yang aktif setiap harinya.

seperti yang kamu tau semua makhluk hidup pasti akan mati, tak terkecuali kamu. Tetapi pernahkah kamu memikirkan apa yang terjadi nanti jika kamu sudah meninggal dengan akun Facebook yang kamu miliki? apa yang akan terjadi dengan akun Facebook yang kamu miliki? Apakah akan tetap ada ataukan diaktifkan oleh pihak Facebook sendiri?

Tenang saja, karena Facebook memiliki kebijakan-kebijakan untuk para penggunanya. Seperti perusahaan besar lainnya yang juga telah menyiapkan dengan baik kebijakan yang membuat lega para penggunanya. Jika sewaktu-waktu penggunanya meninggal Facebook sebenarnya memiliki “kontak pewaris” untuk menuliskan kenangan, menjawab permintaan pertemanan dan bahkan si pewaris bisa memperbarui foto profil dan juga foto sampul bagi pengguna akun Facebook yang telah tiada.

Kontak pewaris sebenarnya adalah sebuah kontak atau akun Facebook yang telah di legalisir terlebih dahulu oleh pemilik akun untuk menjadikan orang yang terpercaya menjadi ahli waris jika pemilik akun telah meninggal dunia. 

sementara itu pewaris minimal harus berumur 18 tahun agar dapat memakai kontak pewaris. Keistimewaan ialah dapat menghapus akun Facebook pemilik akun jika sudah meninggal.

Jika kamu tertarik mengaktifkan fitur ini, kamu harus menggunakan Facebook versi dekstop

Bagaimana Cara mengaktifkannya?

  1. Pertama, login akun facebook terlebih dahulu
  2. klik tanda segitiga terbalik yang biasanya kamu gunakan untuk Log Out akun. setelah itu klik Pengaturan 
  3. setelah itu, lihat kebagian sidebar kiri. klik tab Keamanan
  4. klik kontak pewaris dan masukan nama teman yang ingin dijadikan kontak pewaris yang terpercaya. lalu klik Tambahkan
  5. nanti akan muncul kotak pesan seperti berikut. kamu bisa memberitahukan si pewaris bahwa dia telah dijadikan pewaris akun Facebook.
  6. sayangnya kontak pewaris tidak memiliki akses penuh terhadap akun. Tugasnya hanya sekedar informan saja.

nanti kamu bisa mengizinkan si pewaris mengunduh data yang ada di akun dan menghapus akun. Silahkan atur sesuai keperluan.
Jika telah dikonfirmasikan ke Facebook bahwa si pemilik akun telah meninggal, maka siapapun yang bisa mengakses email dan password tidak akan bisa melakukan aktifitas apapun


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *