Desa Guci Tegal Masuk 15 Besar Desa Wisata Nusantara, Dikenal Sejak Zaman Belanda

Husaen Al Fatah – Minggu, 19 November 2023 | 17:50 WIB

Desa Guci Tegal (Setda Tegal)

TEGAL, suaramerdeka.com – https://budiluhur.ac.idDesa Guci di Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal dikabarkan termasuk dari 15 desa terbaik untuk Desa Wisata Nusantara (DWN) kategori I pada tahun 2023.

Desa Guci yang berada di Tegal ini masuk kategori 15 desa wisata terbaik setelah diumumkan Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Pedesaan untuk kategori I Desa Sangat Tertinggal/Tertinggal/Berkembang.

Sebelumnya seperti dilansir dari Disporapar Kab Tegal, Kabupaten Tegal telah mengirim beberapa desa untuk ajang perlombaan Desa Wisata Nusantara.

Namun dari beberapa desa yang diajukan, Desa Guci yang terpilih masuk dalam 15 besar Desa Wisata Nusantara.

Nama Desa Guci diambil dari kata guci yaitu suatu tempat air yang berbentuk bulat dan berbahan keramik.

Di antara yang terkenal dari desa ini adalah wisata air panas dan pusat kerajinan tangan gerabah. Desa Guci juga telah dikenal oleh masyarakat karena dijadikan objek wisata sejak zaman Belanda.

Ketua tim lomba Desa Wisata Nusantara, Nursaid, S.Sos MM menyebut bahwa keputusan lomba ini bersifat mutlak tak bisa diganggu gugat.

Selain Desa Guci di Tegal, sejumlah desa lain di Jawa Tengah juga masuk dalam 15 Besar Desa Wisata Nusantara, yaitu Desa Melung di Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas (Jawa Tengah) dan Desa Bangsri di Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora.

Adapun perwakilan desa wisata nusantara dari Jawa Timur adalah Desa Kalipelus yang berada di Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan.

Selain keempat desa diatas, ada juga beberapa desa perwakilan dari Sumatera yang masuk 15 besar desa wisata nusantara yaitu Desa Bantayan di Kabupaten Aceh Utara, Desa Kiluan Negeri di Kabupaten Tanggamus, Desa Partungko Naginjang di Kabupaten Samosir (Sumut) dan Desa Tanjung Lanjut di Kabupaten Muaro Jambi.

Adapun 3 desa yang berasal dari Sulawesi adalah Desa Labengki di Kabupaten Konawe Utara, Desa Lukpanenteng di Kabupaten Banggai Kepulauan dan Desa Waetuwo di Kabupaten Wajo.

Kemudian yang termasuk dari desa terbaik untuk wisata di Nusantara adalah Desa Golo Loni di Kabupaten Manggarai Timur (NTT), Desa Iso di Kabupaten Maluku Tenggara, Desa Lifuleo di Kabupaten Kupang dan Desa Pela di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kaltim). ***


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *