Gempa M 6,6 di Barat Laut Halmahera, Guncangan Terasa Sampai Manado

Jakarta, CNN Indonesia — Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,6 terjadi di wilayah barat laut Halmahera Barat, Maluku Utara, Rabu (22/11) sekitar pukul 09.48 WIB.
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan pusat atau episentrum gempa itu berada sekitar 68 km barat laut Halmahera Barat dengan kedalaman atau hiposentrum 109 km.

BMKG menyatakan gempa itu tidak berpotensi tsunami.

Merujuk pada informasi di akunX resmi BMKG, guncangan gempa itu terasa hingga sejumlah wilayah di Maluku Utara dan Sulawesi Utara.

“Dirasakan (MMI) III-IV Manado, III – IV Ternate, IV Siau, III Bitung, III Halmahera Barat,” demikian tertulis di akun X (twitter) BMKG.

“Gempa bumi tektonik yang terjadi pada Rabu pagi beberapa menit yang lalu terasa di Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara, hingga Kabupaten Kepulauan Sitaro dan Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara,” demikian dilaporkan Antara.

Sejauh ini belum dapat terkonfirmasi apakah ada kerusakan ataupun korban yang jatuh akibat guncangan gempa tersebut.

BMKG juga mengimbau masyarakat agar hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.

Merujuk pada akun X BMKG, sejauh ini terpantau ada gempa lain yakni berkekuatan M 3,3 pada pukul 10.26 WIB. Episentrum gempa itu ada di 128 km barat laut Jailolo, Maluku Utara, dengan kedalaman 26 Km.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *