Ini Dia 5 Makanan yang Rentan Picu Kanker

Adapun makanan yang disebutkan dapat meningkatkan risiko Anda terkena kanker. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Makanan yang dipanggang

Pecinta makanan yang dipanggang, berhati-hatilah! Masalahnya bukan pada tingkat kematangan daging. Hal ini lebih kepada pada cara memasak daging di atas panggangan yang bersifat karsinogenik, apalagi jika menggunakan arang.

  1. Makanan fermentasi

Makanan fermentasi sedang naik daun belakangan ini. Sebab, makanan tersebut diyakini memberikan segudang manfaat karena mengandung bakteri baik untuk menjaga kesehatan saluran cerna.

Hal tersebut memang benar, tapi tidak sepenuhnya. Karena makanan fermentasi itu sendiri umumnya mengandung kadar garam (natrium) yang tinggi, sehingga dihubungkan dengan peningkatkan risiko kanker perut.

“Studi telah menemukan tingkat kanker yang lebih tinggi pada populasi Asia yang mengonsumsi banyak kimchi dan ikan asap yang difermentasi,” kata pendiri Medical Offices of Manhattan, Robert Segal, MD.

  1. Daging awetan atau charcuterie

Contoh daging yang telah diawetkan, seperti sosis, ham, dan salami. Meski memiliki rasa yang khas, proses pada charcuterie dapat membentuk nitrit―senyawa yang ditemukan dapat meningkatkan risiko kanker kolon.

  1. Minuman beralkohol

Direktur ilmiah penelitian epidemiologi untuk American Cancer Society (ACS), Mia Gaudet, PhD, berkata bahwa asupan alkohol dalam takaran sedang hingga berlebih berhubungan erat dengan peningkatkan risiko kanker.

  1. Lemak tak jenuh

Lemak trans memang belum secara pasti berhubungan dengan kanker. Akan tetapi, terdapat satu studi yang menemukan bahwa pasien kanker payudara yang mengonsumsi makanan mengandung lemak trans memiliki kemungkinan 78 persen lebih tinggi untuk meninggal dalam waktu 7 tahun sejak didiagnosis dibandingkan dengan mereka yang menghindari makanan jenis ini.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *