Ini Dia Cara Agar Komputer Tetap Menyala Meski Sedang Mati Listrik

Pasti disaat kamu sedang asik bermain komputer pernah terjadi pemadaman listrik mendadak, hal itu tentu saja membuat kamu kesal kan?

Tapi tenang saja hal itu bukan kamu saja yang pernah merasakannya, tapi seluruh rakyat Indonesia, PLN di Indonesia memang tidak sebaik seperti negara maju lainnya yang jika akan ada pemadaman listrik itu akan diberitahukan jauh-jauh sebelumnya agar tidak ada yang terganggu aktifitasnya.
Mati listrik juga tidak baik bagi bagi semua barang elektronik yang sedang terhubung dengan listrik yang menyebabkan program gagal dan lain-lain itu semua tergantung barang elektronik itu sendiri. Apalagi komputer jika dimatikan tidak dengan prosedur aslinya yaitu dengan Shut down pasti komputer itu akan cepat rusak.
Selain merusak barang elektronik, hal ini juga banyak kerugian lainnya seperti ketika kamu sedang mengerjakan projek dan tiba-tiba listrik padam dan parahnya projek kamu itu belum sempat di Save. Tentu hal ini sangat menggangu.Jadi saran saya itu adalah sediakan payung sebelum hujan, yaitu bersiap-siap sebelum sesuatu terjadi.
Nah jika kamu bertanya adalah apakah komputer tetap bisa menyala walaupun aliran listrik terputus? jawabannya ya pasti tidak. Hal ini disebabkan karena komputer tidak mempunyai baterai cadangan yang membuatnya tetap bisa menyala.
Lalu apa solusinya?

Gunakan UPS, UPS adalah kependekan dari Uninterruptible Power Supplies yang berfungsi untuk memberikan baterai sementara untuk komputer. Walaupun sementara tapi cukup untuk menyimpan hasil kerja, merapihkan hasil kerja, dan cukup untuk mematikan komputer dengan normal.
UPS sekarang ini banyak dipakai untuk Warnet, Operator, Perusahaan, dan lain-lain. Fungsinya sama seperti yang saya jelaskan tadi yaitu untuk menyimpan dan mengamankan hasil kerja. agar tidak hilang.
walaupun UPS fungsinya adalah untuk memberikan daya pada komputer dan barang elektronik lainnya, UPS juga tidak bisa bertahan lama misalkan sampai berjam-jam tapi hanya beberapa menit yang cukup untuk mem back up hasil kerja kamu. Karena komputer tidak akan langsung mati.
Jadi Sebaiknya Kamu Membeli PSUKamu pasti berfikir “yah ujung-ujungnya uang” eiiitts tapi PSU itu suwaktu-waktu akan sangat kamu butuhkan walaupun sekarang tidak.
PSU harganya berkisar dari 500 ribu- 5 juta jika kamu ingin membeli PSU saya sarankan tidak sembarangan membeli PSU karena PSU itu berbeda-beda tergantung harga dan pastinya fungsinya juga berbeda.

Kami sarankan kamu untuk bertanya kepada ahli komputer untuk mendapatkan UPS yang tepat.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *