Makanan Indonesia yang Mendunia, Nikmat dan Menggugah Selera!

1. Makanan Indonesia yang Mendunia: Rendang

Olahan khas Minangkabau ini sempat menduduki peringkat sebagai makanan terenak di dunia versi CNN Internasional. Rendang adalah perpaduan antara daging sapi dan santan kelapa, yang diolah dengan rempah-rempah pilihan khas nusantara dan dimasak dalam suhu rendah serta waktu yang lama. Proses memasak ini berhasil membuat rendang menjadi makanan yang empuk dan memiliki cita rasa tinggi. Tak diragukan lagi, rendang pun menjadi salah satu makanan terenak di dunia.

Baru-baru ini bahkan rendang kembali jadi makanan viral yang mendunia berkat endorsement luar biasa dari chef kenamaan Gordon Ramsay yang mengunjungi Kota Padang untuk kepentingan acara TV-nya di saluran National Geographic!

2. Nasi Goreng

Meskipun negara lain mempunyai menu nasi goreng, namun nasi goreng khas Indonesia memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat. Olahan berbahan nasi yang digoreng ini biasa dimasak dengan bumbu-bumbu pilihan, sehingga menjadikannya gurih dan lezat. 

Identik dengan bumbu kecapnya, nasi goreng khas Indonesia sering dipadukan dengan sayur, telur, atau berbagai topping lainnya. Kuliner ini telah menjadi cukup populer di berbagai negara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, dan masih banyak lagi.

Nasi goreng juga menjadi salah satu kuliner favorit mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama saat ia tinggal Indonesia semasa kecilnya, loh!

3. Sate

Sate adalah kuliner Indonesia berbahan dasar daging, baik daging sapi, kambing, maupun ayam. Daging dipotong dalam ukuran kecil dan ditusukkan pada tusukan yang biasa terbuat dari bambu atau lidi, yang kemudian dibakar di atas arang hingga matang. 

Sate biasa disajikan dengan saus atau bumbu kacang untuk menambah cita rasa kelezatannya. Sate khas Indonesia saat ini sudah populer di kawasan mancanegara. Bahkan di New York, Amerika Serikat, terdapat sebuah restoran bernama Satay Junction yang menjadikan sate ayam khas Indonesia sebagai menu andalannya.

4. Makanan Indonesia yang Mendunia: Soto

Soto menjadi kuliner yang khas di banyak daerah di Indonesia. Soto ini dipengaruhi oleh kekhasan kuliner di setiap daerah. Bahkan diperkirakan ada sekitar 75 varian Soto di seluruh Indonesia, tergantung dengan bahan dasar serta cara memasak menurut daerah masing-masing.

Disajikan dengan kuah yang lezat, menjadikan soto populer di seantero dunia. Di Jepang sendiri, soto menjadi kuliner yang cukup terkenal setelah diperkenalkan oleh pelajar asal Indonesia.

5. Sop Buntut

Makanan Indonesia yang mendunia selanjutnya ialah sop buntut. Sop buntut adalah olahan buntut atau ekor sapi yang dimasak dengan berbagai bahan, seperti wortel, kentang, daun bawang, dan rempah-rempah, yang kemudian disajikan dengan kuah sup yang lezat. 

Spanyol menjadi salah satu negara yang cukup baik mengenal sop buntut. Diperkenalkan oleh KBRI untuk Spanyol pada suatu acara, sop buntut menjadi makanan yang cukup diminati oleh warga Spanyol.

6. Tempe

Siapa sih yang tidak kenal dengan tempe? Ya, makanan ini sudah sangat familiar di lidah orang Indonesia. Bahannya yang sederhana, namun memiliki cita rasa tinggi saat dimasak, membuat warga dunia jatuh cinta pada olahan kedelai ini. Terutama bagi mereka yang memiliki preferensi makanan vegetarian atau vegan, tempe sangat digemari!

Di berbagai belahan dunia, mulai dari Australia, Asia Pasifik, bahkan Amerika dan Eropa, tempe sudah diproduksi di mana-mana. Namun, ada beberapa warga Indonesia yang berperan besar dalam mendunianya tempe, seperti Rustono yang memperkenalkan tempe di Jepang. Yang cukup menarik adalah tempe khas Indonesia ini ketika dijual di luar negeri harganya bisa naik menjadi lima kali lipat dari harga biasanya.

Nah, itu dia beberapa kuliner khas Indonesia yang berhasil menarik perhatian masyarakat internasional. Warga dunia banyak yang jatuh cinta dengan makanan ini karena cita rasanya yang lezat. Sudah sepantasnya kita sebagai masyarakat Indonesia juga mencintai kuliner Indonesia dengan sepenuh hati.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *