Manfaat Sayur untuk Tubuh Kita

Salah satu manfaat sayur adalah untuk membantu menurunkan berat badan. Secara rinci verikut manfaat sayur untuk kesehatan yang didapat saat Anda mengkonsumsinya;

  1. Baik untuk Pencernaan 

Seperti yang kita tahu, sayur merupaka sumber serta terbaik untuk tubuh. Serat merupakan komponen yang penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mencegah konstipasi serta gangguan pencernaan lainnya. Mengkonsumsi makanan yang tinggi serat pun akan menurunkan risiko terkena kanker usus besar.

  1. Mendapatkan Berat Badan ideal. 

Sayur juga merupakan sumber makanan yang rendah lemak serta kalori. Sehingga, makanan ini baik untuk anda yang sedang menjalani diet dan mencoba membatasi asupan kalori ke tubuh. Tentu manfaat ini tidak bisa didapatkan jika sayur diolah dengan cara yang tidak sehat. Manfaat sayur akan tertutupi jika pengolahannya dilakukan dengan digoreng atau dibumbui dengan banyak minyak, garam, maupun bahan-bahan lain yang tinggi lemak.

  1. Mencegah Hipertensi

Sayuran hijau kaya akan kandungan nitrit dan nitrat, sehingga bisa melindungi kita dari tekanan darah tinggi. Selain itu, lemak tak jenuh dari kacang-kacangan serta minyak zaitun juga dapat memberikan efek yang sama

  1. Menurunkan risiko Kanker

Sayuran seperti kol, kembang kol, dan brokolo memngandung indoles dan isothiocynates. Keduanya merupakan komponen yang diyakini dapat melindungi tubuh dari kanker usus besar, kanker payudara, kanker kulit dan beberapa jenis kanker lainnya. Brokoli yang masih berbentuk tunas juga memiliki kandungan sulforaphane lebih tinggi dibandingkan dengan brokoli yang sudah besar. Komponen ini diketahui memiliki kemampuan dalam melindungi tubuh dari kanker. Hampir semua sayuran tinggi antioksidan, yang memang dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas berlebih


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *