Mantan Presiden AS Donald Trump Pamer Surat Dokter soal Kesehatan, Begini Isinya

Jakarta – 

Dokter Donald Trump baru-baru ini menulis catatan yang menyatakan mantan Presiden Amerika Serikat (AS) itu berada dalam kondisi kesehatan yang sangat baik. Ia juga menyebut bahwa Trump akan terus menikmati gaya hidup sehat dan aktif selama bertahun-tahun.

Adapun catatan tersebut diposting oleh Trump di akun sosial media miliknya, di hari yang sama dengan ulang tahun ke-81 Presiden Joe Biden, Senin (20/11). Kesehatan fisik dan mental kedua pria tersebut saat ini tengah menjadi isu utama menjelang Pilpres 2024.

“Presiden Trump telah mengurangi berat badannya melalui perbaikan pola makan dan melanjutkan aktivitas fisik sehari-hari, sambil mempertahankan jadwal yang ketat,” demikian bunyi catatan yang ditandatangani oleh Bruce Aronwald, seorang ahli osteopati dari New Jersey, dikutip dari Reuters.

“Pemeriksaan fisiknya berada dalam kisaran normal dan pemeriksaan kognitifnya luar biasa,” tulis Aronwald.

Baca juga:Niat Basmi Kutu Busuk, Pria Singapura Berakhir Dipenjara usai Bakar Kasurnya

Tak hanya itu, hasil pemeriksaan laboratorium terbaru Donald Trump disebut lebih baik daripada sebelumnya pada beberapa parameter paling signifikan. Hasil itu dinilainya, berkat penurunan berat badan yang dijalani Donald Trump baru-baru ini, diikuti dengan perbaikan pola makan.

Meski begitu, catatan sehat tersebut tak memberikan keterangan lebih rinci soal kesehatannya.

Sebelumnya, faktor usia kini menjadi salah satu isu utama di Pilpres AS 2024, yang memungkinkan dua tokoh lanjut usia, Joe Biden (81) dan Donald Trump (77) bakal berhadapan kembali.

Bahkan Joe Biden kini berstatus presiden AS tertua yang masih memimpin.

Meskipun Donald Trump sedikit lebih muda dari Joe Biden, tetapi hasil jajak pendapat secara konsisten menunjukkan bahwa orang Amerika memandang usia sebagai faktor yang menjadi tanggung jawab seorang presiden.

Jajak pendapat yang dilakukan pada bulan Agustus oleh The Associated Press-NORC Center for Public Affairs Research menemukan hasil bahwa 77 persen orang dewasa AS, termasuk 69 persen anggota Partai Demokrat, memandang Joe Biden terlalu tua untuk bisa menjabat selama empat tahun lagi. Sementara hanya 51 persen orang dewasa, dan hanya 28 persen anggota Partai Republik, mengatakan hal yang sama tentang Donald Trump.

Bahkan kini, para pesaing Donald Trump untuk capres di Partai Republik telah berusaha menonjolkan faktor usia tersebut, untuk meningkatkan elektabilitas mereka.

“Menjadi presiden bukanlah pekerjaan bagi seseorang yang sudah memasuki usia 80 tahun,” kata Gubernur Florida Ron DeSantis, salah


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *