Memelihara ikan dapat mengurangi tingkat stres.

Salah satu manfaat yang ditawarkan dari memelihara ikan, terutama ikan hias, adalah mengurangi tingkat stres. Hal ini telah dibuktikan lewat penelitian yang telah dipublikasi di PLoS one

Umumnya, sebagian besar penelitian telah menunjukkan manfaat dari interaksi dan kontak fisik antar manusia dan hewan, seperti anjing dan kucing.

Maka itu, peneliti mencoba mencari tahu apakah ada keistimewaan dari pelihara ikan mengingat tidak melibatkan kontak fisik sama sekali. 

Di dalam penelitian tersebut dilakukan pencarian secara sistematis. Semua bentuk interaksi terhadap ikan dipertimbangkan. Mulai dari memelihara ikan di akuarium pribadi, melihat ikan di akuarium umum, hingga menontonnya di video. 

Setelah 19 studi dilakukan, enam diantaranya menunjukkan bahwa melihat ikan di akuarium Membantu mengurangi stres dan rasa cemas. Hal ini terlihat ketika beberapa peserta diminta untuk melihat ikan, baik di dalam video maupun akuarium. Detak jantung dan tekanan darah yang menjadi tolak ukur tingkat stres ternyata menurun. Maka dari itu, peneliti menyimpulkan bahwa manfaat dari pelihara ikan dapat membantu menurunkan kadar stres pemiliknya. 


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *