Mengenal Victor Chang, Ahli Bedah Jantung Australia yang Muncul di Google Doodle

Jakarta – 

Sosok dr Victor Chang viral dicari setelah muncul di Google Doodle pada Selasa (21/11) lalu. Diketahui, dr Chang adalah seorang ahli bedah jantung yang berasal dari Australia.

Dalam sketsa Google Doodle, dr Chang digambarkan mengenakan pakaian bedah berwarna biru, masker, dan kaca mata. Lalu pada latar belakangnya, tampak gambar jantung dan detak jantung yang mempertegas profesi dr Chang sebagai ahli bedah jantung.

Kemunculannya di Google Doodle pun membuat banyak orang penasaran. Siapa sebenarnya dr Chang?

Dikutip dari laman Victor Chang Cardiac Research Institute, dr Chang adalah pria asal Australia yang lahir pada 21 November 1936. dr Chang adalah seorang aktivis kemanusiaan sekaligus pelopor bedah transplantasi jantung modern. Adapun salah satu kontribusi terbesarnya yakni mengembangkan katup jantung buatan untuk Rumah Sakit St Vincent dengan harga yang terjangkau sehingga dapat diakses dan digunakan dalam prosedur penyelamatan nyawa di seluruh dunia.

dr Chang juga dikenal berkat keberhasilannya melakukan operasi transplantasi jantung terhadap pasien termuda di Australia, Fiona Coote, pada 1984. Coote yang saat itu baru berusia 14 tahun menjalani dua kali operasi transplantasi jantung, dan kini, wanita yang sudah berusia 53 tahun itu merupakan penerima transplantasi jantung yang paling lama bertahan hidup di Australia.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *