Menggunakan Panel Surya, Rumah Jadi Punya Dampak Positif di Masa Depan

KOMPAS.comhttps://budiluhur.ac.id, Belakangan, banyak orang sadar bahwa desain dan isi rumah tak hanya perlu disesuaikan dengan kebutuhan penghuninya, tetapi juga harus memberikan dampak positif pada kehidupan di masa depan.

Karena itulah, pemanfaatan sumber energi terbarukan, seperti panel surya terus meningkat. Para pemilik rumah, mulai beralih dari penggunaan energi fosil sehingga fungsi rumah tak hanya sekadar tempat tinggal.

Sebagai informasi, panel surya dinilai sebagai solusi penggunaan daya ramah lingkungan yag menguntungan secara ekonomi. Untuk mengetahuinya lebih dalam, simak penjelasan mengenai manfaat panel surya berikut.

1. Sumber energi bersih dan terbarukan

Panel surya mengubah sinar matahari menjadi energi listrik tanpa memerlukan bahan bakar tambahan atau menghasilkan emisi gas rumah kaca. Energi surya adalah sumber energi bersih dan terbarukan yang tidak terbatas. Dengan memanfaatkannya, berarti Anda sudah membantu mengurangi ketergantungan pada sumber daya fosil yang terbatas dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

2. Nilai properti lebih tinggi

Rumah yang dilengkapi dengan panel surya cenderung memiliki nilai properti yang lebih tinggi. Banyak calon pembeli properti mencari rumah yang hemat energi dan ramah lingkungan. Seiring kesadaran akan manfaat energi terbarukan yang semakin meningkat, properti yang menggunakan energi surya menjadi lebih diminati.

3. Hemat biaya listrik

Energi surya yang dihasilkan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah sehari-hari. Dengan begitu, Abda dapat mengurangi ketergantungan pada listrik dari jaringan listrik nasional. Adapun salah satu yang dapat digunakan adalah SUN Terra yang memaksimalkan penggunaan sistem on-grid untuk pemakaian listrik pada siang hari. Memanfaatkannya, Anda bisa mengurangi biaya listrik lho.

4. Berperan dalam atasi perubahan iklim

Maraknya permasalahan yang diakibatkan polusi udara membuat masyarakat juga perlu berkontribusi untuk mengurangi jejak karbon rumah tangga. Dengan menggunakan pemangkit listrik tenaga surya (PLTS), Anda sudah mengurangi produksi emisi karbon secara lagsung dan mengatisipasi perubahan iklim.

5. Mendorong inovasi teknologi

Banyaknya permintaan akan pemanfaatan panel surya dapat mendorong inovasi teknologi di bidang energi terbarukan. Seperti yang diperkenalkan perusahaan pengembang energi surya berbasis teknologi yang fokus di sektor residensial, SUN Terra. Perusahaan iini mengadopsi peran teknologi dalam mendukung pemanfaatan panel surya melalui Mobile App ‘SUN Terra’.

Aplikasi tersebut mendukung para pengguna panel surya untuk dapat memantau performa panel surya terpasang melalui fitur ‘Solar Live Monitoring’ secara real-time. Sementara itu, para calon pengguna dapat menghitung kebutuhan kapasitas panel surya pada fitur ‘Solar Calculator’.

Itulah beragam manfaat penggunaan panel surya. Dengan meningkatnya teknologi panel surya dan dukungan dari pemerintah serta masyarakat, penggunaan energi surya diharapkan dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih besar di masa depan.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *