Minecraft Jadi Game Terlaris Sepanjang Masa

Dikutip dari detikInet, pencapaian terbaru ini diumumkan developer Mojang Studios dalam acara Minecraft Live pada Minggu (15/10) kemarin. Dalam acara tersebut Mojang juga mengungkap statistik menarik lainnya, seperti pemain rata-rata membuat lebih dari 700.000 cake dan 8,8 juta pickaxe dalam sehari.

Mojang terakhir kali mengungkap angka penjualan Minecraft pada April 2021. Saat itu, game ini sudah terjual 238 juta kopi.

Mojang tidak menjabarkan distribusi Minecraft di masing-masing platform. Jadi angka 300 juta ini merupakan gabungan penjualan di iOS, Android, PlayStation, Xbox, Windows, Nintendo Switch, dan platform lainnya sejak tahun 2011.

Namun kedua game ini belum berhasil mengalahkan rekor Super Mario yang sudah terjual lebih dari 800 juta kopi. Tapi Super Mario merupakan franchise besar dengan lebih dari 20 game di dalam seri Super Mario.

Game lainnya yang juga tidak kalah populer adalah Tetris. Meski terbilang retro, Tetris ternyata sudah terjual lebih dari 520 juta kopi dalam berbagai variasi sejak tahun 1980-an, seperti dikutip dari Gizmodo,Rabu (18/10/2023).

Tapi Tetris dan Minecraft tidak bisa disamakan. Pasalnya Tetris merupakan seri game yang memiliki mekanik dan grafis yang berbeda di masing-masing versi dan platform, sedangkan Minecraft merupakan game yang sama di platform apapun.

Minecraft pertama kali dirilis oleh Mojang Studios pada November 2011. Namun versi pra-rilisnya yang belum sepenuhnya selesai sudah tersedia sejak tahun 2009. Minecraft kemudian dibeli oleh Microsoft pada tahun 2014 senilai USD 2,5 miliar.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *