Nama Final Fantasy: Sejarah Dan Makna Di Balik Seri Game Legendaris

Nama Final Fantasy awalnya dipilih oleh Hironobu Sakaguchi, kreator dan produser pertama seri ini. Menurut cerita yang beredar, Sakaguchi memilih nama ini karena ia berencana untuk pensiun dari industri game jika game pertamanya gagal.

Ia ingin membuat game terakhirnya menjadi sesuatu yang fantastis dan mengesankan. Oleh karena itu, ia memilih nama Final Fantasy, yang berarti “fantasi terakhir”.

Final Fantasy adalah salah satu seri game RPG (role-playing game) yang paling populer dan berpengaruh di dunia.

Sejak pertama kali dirilis pada tahun 1987, seri ini telah menghasilkan lebih dari 50 judul game, termasuk spin-off, sekuel, prekuel, dan remake. Namun, apakah Anda tahu apa arti dan sejarah di balik nama Final Fantasy?

Namun, ternyata game pertama Final Fantasy menjadi sukses besar dan menyelamatkan perusahaan Square (sekarang Square Enix) dari kebangkrutan.

Sakaguchi pun tidak jadi pensiun dan melanjutkan untuk membuat seri Final Fantasy berikutnya. Nama Final Fantasy pun tetap dipertahankan sebagai merek dagang seri ini.

Nama Final Fantasy juga memiliki makna lain yang lebih dalam. Setiap judul game Final Fantasy memiliki cerita, karakter, dunia, dan sistem yang berbeda-beda.

Namun, ada beberapa tema dan elemen yang konsisten muncul di setiap game, seperti kristal, chocobo, airship, summon, dan lain-lain. Ini menunjukkan bahwa setiap game Final Fantasy adalah sebuah fantasi baru yang berdiri sendiri, namun tetap terhubung dengan seri lainnya.

Nama Final Fantasy adalah salah satu nama yang paling ikonik dan bersejarah di industri game. Nama ini tidak hanya merepresentasikan sebuah seri game yang luar biasa, tetapi juga sebuah visi dan semangat untuk menciptakan fantasi-fantasi yang tak terlupakan.

Nama Nama Final Fantasy Dari Series-seriesnya

Berikut ini Nama-nama Final Fantasy dari berbagai seri dan plot singkatnya.

  • Final Fantasy I: Nama ini mengacu pada permainan pertama dalam seri, yang dirilis pada tahun 1987. Permainan ini bercerita tentang empat pemuda yang disebut Light Warriors, yang harus menyelamatkan dunia dari kegelapan dengan mengembalikan kekuatan empat kristal elemen.
  • Final Fantasy II: Nama ini mengacu pada permainan kedua dalam seri, yang dirilis pada tahun 1988. Permainan ini bercerita tentang empat sahabat yang bergabung dengan pemberontakan melawan kekaisaran Palamecia, yang dipimpin oleh kaisar jahat bernama Mateus.
  • Final Fantasy III: Nama ini mengacu pada permainan ketiga dalam seri, yang dirilis pada tahun 1990. Permainan ini bercerita tentang empat anak yatim piatu yang disebut Onion Knights, yang harus menyelamatkan dunia dari kehancuran dengan menggunakan kekuatan empat kristal cahaya.
  • Final Fantasy IV: Nama ini mengacu pada permainan keempat dalam seri, yang dirilis pada tahun 1991. Permainan ini bercerita tentang seorang ksatria elit bernama Cecil Harvey, yang harus mengkhianati kerajaannya untuk mencegah rencana jahat dari raja Baron.
  • Final Fantasy V: Nama ini mengacu pada permainan kelima dalam seri, yang dirilis pada tahun 1992. Permainan ini bercerita tentang seorang petualang bernama Bartz Klauser, yang harus menyelamatkan dunia dari ancaman Exdeath, seorang penyihir jahat yang terperangkap dalam sebuah pohon.
  • Final Fantasy VI: Nama ini mengacu pada permainan keenam dalam seri, yang dirilis pada tahun 1994. Permainan ini bercerita tentang sekelompok pemberontak yang disebut Returners, yang harus melawan kekaisaran Gestahlian, yang dipimpin oleh kaisar Gestahl dan jenderal Kefka.
  • Final Fantasy VII: Nama ini mengacu pada permainan ketujuh dalam seri, yang dirilis pada tahun 1997. Permainan ini bercerita tentang seorang mantan tentara elit bernama Cloud Strife, yang bergabung dengan kelompok eko-teroris bernama AVALANCHE untuk melawan perusahaan Shinra, yang mengeksploitasi sumber daya alam dunia bernama Mako.
  • Final Fantasy VIII: Nama ini mengacu pada permainan kedelapan dalam seri, yang dirilis pada tahun 1999.
  • Final Fantasy IX: Nama ini mengacu pada permainan kesembilan dalam seri, yang dirilis pada tahun 2000. Permainan ini bercerita tentang seorang pencuri muda bernama Zidane Tribal, yang bersama dengan gerombolan pencurinya untuk menggulingkan ratu Alexandria, yang ambisius dan haus perang.
  • Final Fantasy X: Nama ini mengacu pada permainan kesepuluh dalam seri, yang dirilis pada tahun 2001. Permainan ini bercerita tentang seorang pemain blitzball terkenal bernama Tidus, yang terbawa ke dunia lain bernama Spira, yang dilanda oleh makhluk raksasa bernama Sin.
  • Final Fantasy XI: Nama ini mengacu pada permainan kesebelas dalam seri, yang dirilis pada tahun 2002.
  • Final Fantasy XII: Nama ini mengacu pada permainan kedua belas dalam seri, yang dirilis pada tahun 2006.

penjelasan ROG Community mengenai nama Final Fantasy mulai dari sejarahnya sampai series-seriesnya. Meskipun nama Final Fantasy dalam seriesnya hanya ditambah dengan angka romawi, namun semuanya merupakan cerita yang berbeda meskipun ada beberapa ketersambungannya.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *