Penyebab Terjadinya Blue Screen dan Cara Mengatasinya

Penyebab Terjadinya Blue Screen dan Cara Mengatasinya

Blue Screen of Death yg disingkat BSOD merupakan suatu permasalahan pada sistem operasi windows yang menyebabkan muncul nya layar biru dengan pesan Stop. Penyebab terjadinya Blue Screen atau bisa disingkat BOSD karena terjadinya kesalahan fatal pada Hardware atau software sehingga harus restart pada sistem.

Apa Penyebab Blue Screen of Death ???

Penyeybab terjadinya Blue screen of Death biasanya disebabkan oleh hardware atau software yang bermasalah, seperti contoh nya Kesalahan memori,registry yang rusak atau pengunaan yg tidak wajar. 
Blue screen bisa teradi karena windwos bertemu dengan Error STOP yang menyebabkan windows berhenti bekerja atau crash. 
Keruskaan hardware pun dapat menjadi penyebab terjadinya blue screen seperti contoh nya kerusakan pada Kipas komputer , Harddisk dan RAM Biasanya Windows akan menciptakan Sebuah fle kecil(minidump) yg melaporkan kepada kita akan adanya error di sisi mana

Cara mengatasi Blue Screen


#1. Update Driver
Error Blue Screen of Death bisa di atasi dengan menginstal update driver.Update driver yang tidak cocok dan update driver yang belum selesai meng akibatkan Crash dan terjadi nya Blue Screen of Death. Dengan update driver bisa mengatasi masalah Blue Screen.

#2. Scan komputer dari malwareJika dengan cara update driver belum bisa mengatasi masalah Blue Screen, Cobalah Scan komputer anda dari virus atau malware, karena malware bisa membuat windows menjadi tidak stabil dan malware juga bisa merusak bagian dalam Windows (Hardware).

#3. Repair System Operasi WindowsJika komputer kamu masih mengalami Blue Screen,anda bisa melakukan cara ini yaitu dengan me-Repair System Operasi windows. Dengan cara Repair System Operasi windows tentu saja anda memerlukan DVD operasi system windows yang digunakan untuk repair windows.

#4. System RestoreSystem restore berbeda dengan repair System Operasi windows karena System restore tidak memerlukan DVD Windows.
Cara melakukan System Restore

  1. Matikan komputer terlebih dahulu
  2. Nyalakan kembali komputer anda
  3. Tekan F8
  4. Jika anda belom masuk ketamplian “Advanced boot options”, berarti anda terlambat menekan F8,ulangi dan coba lagi
  5. jika anda berhasil masuk, pilih safe mode

pilih booting dengansafe mode dan tunggu hingga selesai
setelah selesai selanjutnya adalah klik start >> Control panel >> System & security >> action center >> recovery >> open system restore >> next >> next finish >>  yesdan komputer akan melakukan restar secara otomatis.
#5. Periksa masalah HardwareBlue Screen bisa terjadi karena kegagalan hardware di komputer. Anda bisa melakukan pengecekan pada harddisk terlebih dulu.Hardisk yang kondisinya rusak bisa menyebabkan Blue Screen pada komputer.jika sudah mengecek hardisk dan tidak ada masalah, maka berikutnya anda bisa melakukan pengecekan pada ram anda,dengan caraklik start   >>  Memory Diagnostics Tool
#6.Instal ulangJika semua cara diatas sudah dilakukan tetapi masih saja tidak membuat komputer anda membaik adalah dengan cara terakhir yaitu Instal ulang windows. Dengan cara ini windows/sistem operasi yang ada pada komputer akan membangun ulang sehingga tidak akan mengalami kerusakan seperti Blue screen of death. jika degan cara Insta ulang juga tidak bisa Sebaiknya anda mengecek dan menganti hardware anda karena kerusakan terjadi pada hardware anda.
Itu lah beberapa penyebab yang mengakibatkan terjadinya Blue Screen. Sekian dan terimakasih, semoga bermanfaat


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *