Rahasia Sukses Merawat Ikan Cupang: Tips dan Trik untuk Hasil yang Maksimal

Apakah anda ingin mempunyai ikan cupang secantik dan sesehat gambar diatas ? Itu bukanlah mimpi lagi. Kali ini saya akan menjelaskan sedikit tips bagi anda agar ikan cupang dirumah dapat tumbuh sehat dan cantik seperti ini.  

Sebelum membeli ikan cupang itu sendiri pastikan anda mempunyai perlengkapan yang memadai untuk merawat ikan ini. Anda membutuhkan sebuah aquarium berkapasitas 20 liter. Mengapa 20 liter, agar ikan cupang nyaman dan leluasa untuk bergerak serta tidak perlu mengganti air terlalu sering. Anda juga harus menyiapkan pakan untuk ikan cupang, bisa pakan hidup ataupun pakan mati. Saya akan menjelaskan detailnya nanti. 

Saat membeli ikan cupang ini juga tidak boleh sembarang beli. Pastikan anda membeli ikan cupang dari toko yang memang berkualitas , atau dari peternaknya langsung akan lebih bagus. Hal itu harus dilakukan agar ikan cupang anda mempunyai gen yang bagus, dan juga berkualitas serta tidak gampang sakit. 

Namun , jika anda hanya ingin ikan cupang untuk hiburan saja maka belilah ikan cupang yang tubuhnya sehat , tidak tampak stress ( ikan tidak memojok atau berbaring di bawah aquarium ), badan ikan mulus tanpa luka. Untuk harga juga bervariasi, semakin tinggi harga ikan cupang maka akan semakin bagus gen yang dibawanya.

Saya akan mulai masuk kedalam tips dan triknya 

Tips pertama, saat ingin membeli ikan cupang endapkanlah air tawar dalam aquarium anda sehari sebelumnya. Tidak perlu takut dengan jentik nyamuk, karena jentik akan dimakan oleh ikan cupang. 

Kemudian setelah satu hari dan ikan telah dibeli , taruhlah plastik berisi ikan diatas aquarium dan tinggalkanlah selama 30 menit hingga 1 jam. Itu adalah proses aklimasi dimana ikan akan menyesuaikan suhu air di tempat awalnya dengan tempat tinggal barunya. Setelah itu keluarkan ikan kedalam rumah barunya, serta letakan aquarium ditempat yang remang remang ataupun gelap agar mengurangi stress pada ikan.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *