Situ Gintung, Manfaat bagi Kesehatan Fisik dan Ketenangan Pikiran

Ciputat, sebuah lokasi yang berdekatan dengan Jakarta. Lokasi metropolitan yang padat penduduk, sering macet dan cuacanya panas, serta minimnya lahan hijau. Namun, di tengah semua itu, Situ Gintung hadir sebagai tempat yang nyaman bagi masyarakat sekitar untuk beraktivitas santai seperti jogging, memancing, bersepeda, rafting (arung jeram) dan lainnya. Tempat ini menawarkan udara sejuk yang sangat diperlukan, terutama bagi para mahasiswa yang membutuhkan refreshing untuk menghilangkan penat dan stres.

Situ Gintung adalah sebuah danau buatan yang terletak di Kecamatan Ciputat Timur, dekat dengan kampus UIN Jakarta. Didirikan antara tahun 1932-1933 oleh Hindia Belanda, dan danau ini memiliki luas sekitar 31 hektar.

Mungkin, tidak banyak yang menyadari bahwa Situ Gintung berkontribusi memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan fisik dan mental serta kelestarian lingkungan. Jalan paving sepanjang sekitar 4,5 kilometer dan lebar sekitar 2 meter di Situ Gintung banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berjalan kaki dan jogging, terutama pada pagi hari dan sore hari.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *