Ternyata Ini Alasan Kucing Tidak Masuk Surga Walau Jadi Hewan Kesayangan Nabi Muhammad SAW

RADARKUNINGAN.COM – Tidak disangka! Kucing adalah hewan peliharaan yang tidak masuk surga? Yuk cari tahu alasan kenapa Kucing tidak masuk surga berikut.

Bagi kalian yang termasuk dalam pecinta kucing pastinya sangat tahu bahwa kucing sendiri merupakan hewan kesayangan Nabi Muhammad SAW.

Dan hewan kucing ini juga termasuk dalam hewan peliharaan yang sangat disukai manusia, apalagi di Indonesia yang cenderung lebih menyukai kucing dibanding anjing.

Tapi bagaimana hewan anabul ini dilihar dari kacamata Islam? Ada yang mengatakan bahwa kucing bukanlah hewan yang termasuk dalam kategori hewan yang akan masuk surga. Benarkah begitu?

Meskipun kucing sendiri merupakan hewan kesayangan Rasulullah SAW dan banyak banyak anjuran serat fadilah dari memelihara kucing, tapi anabul tidak masuk surga.

Dan seperti yang dijelaskan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Muslim berikut, tentang bagaimana kucing merupakan hewan yang suci.

“Kucing termasuk perhiasan rumah tangga, ia tidak dikotori oleh sesuatu” (HR. Muslim).

Yuk! Kita simak penjelasan kenapa kucing tidak masuk surga meskipun hewan peliharaan gemas satu ini adalah hewan kesayangan Nabi Muhammad SAW.

Alasan kucing tidak masuk surga bukan berarti Allah SWT membenci hewan menggemaskan satu ini, tapi pada dasarnya, hewan dan manusia memiliki nasib yang berbeda ketika di akhirat kelak.

Pada dasarnya konsep Surga dan neraka bagi hewan dan manusia itu berbeda, keputusan masuknya mahluk Allah SWT ke dalam surga atau neraka dilihat dari timbangan amal perbuatannya selagi di dunia.

Tentu konsep ini tidak berlaku pada kucing, sehingga kucing bukahlah hewan yang masuk dalam surga Allah SWT.

Seperti yang dijelaskan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Jarir berikut, yang artinya:

“Sesungguhnya Allah akan mengumpulkan seluruh makhluk, semua binatang melata, burung, dan manusia. Allah berkata kepada binatang dan burung, ‘Jadilah kalian tanah!’ Saat itulah orang kafir berkata, ‘Oh, andai saja aku menjadi tanah (QS An Naba ayat 40),’” (HR Ibnu Jarir).

Sebagian ulama juga menunjukan bahwa hadist tadi bahwa terdapat perbedaan antara hewan dan manusia.

Berbeda dengan manusia yang diberikan akal dan ditimbang amal perbuatannya agar dimasukan ke dalam Surga Allah SWT.

Meskipun kucing tidak masuk surga, tapi bukan berarti kalian akan berpisah dengan anabul kesayangan kalian di akhirat kelak.

kalian masih bisa bertemu kembali dengan kucing atau hewan peliharaan kesayangan kalian di surga atas seizin Allah SWT. 

Seperti yang dijelaskan dalam hadist berikut yang menjelaskan bahwa para penghuni surga diberikan kesempatan untuk tinggal bersama hewan kesayangannya.

“Wahai Rasulullah sesungguhnya aku mencintai unta. Adakah di Surga nanti ada unta?” Lalu NAbi SAW menjawab, “wahai Arab Badui, sekiranya Allah memasukan kamu ke dalam surga, Insha Allah, maka di dalamnya terdapat apa saja yang kamu kehendaki dan melezatkan pemandangan matamu”

Dan itulah tadi alasan kenapa kucing tidak masuk surga. Dari kucing ini sendiri, kalian bisa mendapatkan pahala dari memeliharanya dan juga dapat menerima dosa.

Seperti yang dijelaskan dalam hadist riwayat Bukhari berikut yang menjelaskan bagaimana pentingnya tanggungjawab dalam memelihara hewan.

“Seorang perempuan diazab karena seekor kucing yang dia kurung sehingga dia mati kelaparan. Maka wanita tersebut masuk ke dalam neraka disebabkannya.” (HR Bukhari).

Sehingga memelihara kucing bukanlah perkara yang mudah karena terdapat tanggung jawab untuk menghidupkan hewan tersebut dengan layak agar sebagai majikan yang memeliharanya, mendapatkan manfaat.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *